Sabtu, 17 Maret 2012

Bab 1

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Setiap perusahaan selalu membutuhkan dana dalam membiayai kegiatan operasionalnya, dana tersebut dapat diperoleh dari beberapa sumber, pertama berasal dari dalam perusahaan yakni modal pemilik, maupun laba ditahan (retained earning). Sedangkan sumber pembiayaan yang lain, berasal dari luar yakni dalam bentuk pinjaman (hutang) dari pihak lain. Untuk perusahaan yang sudah go public dalam upaya menambah dana kegiatan operasionalnya dapat diperoleh melalui penjualan saham kepada para investor. Media yang digunakan perusahaan dalam menjual sahamnya pada publik adalah pasar modal. Inti dari kegiatan pasar modal adalah kegiatan investasi, yaitu kegiatan menanamkan modal baik langsung maupun tidak langsung dengan harapan pada waktunya nanti pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut. Bagi para investor, melalui pasar modal mereka dapat memilih obyek investasi dengan beragam tingkat pengembalian dan tingkat risiko yang dihadapi, sedangkan bagi para penerbit (emiten) melalui pasar modal mereka dapat mengumpulkan dana jangka panjang untuk menunjang kelangsungan usaha mereka.
Pengambilan keputusan investasi dalam saham memerlukan pertimbangan-pertimbangan, perhitungan-perhitungan dari analisis yang mendalam untuk menjamin keamanan dana yang diinvestasikan serta keuntungan yang diharapkan oleh investor. Calon investor harus mengetahui kinerja serta prospek perusahaan yang menjual surat berharganya. Pada dasarnya investor mengukur kinerja perusahaan berdasarkan kemampuan perusahaan dalam mengelola sumber daya yang dimiliki untuk menghasilkan laba. Kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba merupakan fokus utama dalam penilaian kinerja perusahaan. Laba perusahaan selain merupakan indikator kemampuan perusahaan memenuhi kewajibannya bagi para penyandang dananya juga merupakan elemen dalam penciptaan nilai perusahaan yang menunjukkan prospek perusahaan di masa yang akan datang. Jika perusahaan memiliki kinerja keuangan yang baik maka investor akan tertarik menanamkan modalnya, karena adanya harapan akan memperoleh keuntungan dari penanaman modal tersebut.
Metode yang paling sering digunakan untuk mengukur kinerja keuangan adalah financial ratio yang dianalisis dari laporan keuangan perusahaan. Salah satu rasio yang sering digunakan oleh investor dalam menilai kinerja perusahaan adalah rasio profitabilitas yang terdiri dari Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS).
Dalam hal ini, penulis ingin mengetahui mengenai kinerja perusahaan PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR, Tbk yang diukur melalui ROA, NPM, dan EPS. PT Indofood Sukses Makmur Tbk (“ISM”) (BEI : INDF) adalah perusahaan Total Food Solutions yang terkemuka dengan kegiatan operasi yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran. PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk memperoleh beberapa penghargaan diantaranya
“The Best in Building and Managing Corporate Image” dalam ajang Indonesia's Most Admired Companies Award 2009.
Berdasarkan uraian diatas, penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai analisis regresi linier berganda dengan memilih judul “Pengaruh Return On Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Pada PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK”



1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang penelitian yang telah dikemukakan sebelumnya, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
 Bagaimana tingkat ROA, NPM dan EPS PT. INDOFOOD Sukses Makmur, Tbk periode 2007 sampai 2009 ?
 Seberapa besar pengaruh ROA, NPM dan EPS terhadap harga saham PT. INDOFOOD Sukses Makmur, Tbk periode 2007 sampai 2009 ?

1.3. Batasan Masalah
Dalam penulisan ini, penulis akan mencari hubungan antara ROA, NPM, dan EPS dengan harga saham. Untuk mendapatkan arah pembahasan yang lebih baik sehingga tujuan penelitian dapat tercapai, maka penulis membatasi ruang lingkup permasalahan, sebagai berikut :
1. Perusahaan yang diteliti adalah perusahaan yang bergerak di sektor industri makanan yaitu PT. INDOFOOD Sukses Makmur, Tbk periode 2007-2009.
2. Ukuran yang digunakan adalah Return Of Assets (ROA),Net Profit Margin (NPM), dan Earning Per Share (EPS) berdasarkan laporan keuangan perusahaan berupa neraca dan laporan laba rugi perusahaan pada tahun 2007 – 2009 (per triwulan).
3. Ukuran yang digunakan untuk mencari hubungan antara ROA, NPM, dan EPS terhadap harga saham yaitu Regresi Linier Berganda

1.4. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan dan batasan masalah diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui ROA, NPM, dan EPS
2. Mengetahui pengaruh ROA, NPM, dan EPS terhadap harga saham


1.5. Manfaat Penelitian
Adanya latar belakang yang telah diuraikan, perumusan masalah, batasan masalah dan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, peneliti berharap dapat memberikan konstribusi yang berguna bagi berbagai pihak diantaranya, yaitu:
1. Kegunaan secara teoritik
A. Bagi Peneliti
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam serta dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai hubungan ROA, NPM, dan EPS terhadap harga saham.
B. Bagi Civitas Akademika
Dapat menambah literatur yang membantu di dalam perkembangan ilmu akuntansi dan pasar modal.

2. Kegunaan secara praktis
A. Bagi Perusahaan
Hasil penelitian dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan perusahaan terutama mengenai Return On Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS).
B. Bagi Investor
Diharapkan dapat dipakai sebagai masukan bagi investor dan para pelaku pasar modal dalam melakukan pengambilan keputusan berinvestasi.

1.6. Metode Penelitian
Untuk memperoleh kesimpulan yang objektif, maka penulis melakukan berbagai macam cara untuk mengumpulkan data-data yang dapat mendukung penelitian dengan menggunakan beberapa metode, sebagai berikut :

1.6.1. Objek Penelitian
Objek yang diteliti adalah PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk yaitu perusahaan Total Food Solutions yang terkemuka dengan kegiatan operasi yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran

1.6.2. Data / Variabel
Data sangat bermanfaat dalam suatu penelitian karena dapat memberikan informasi tentang suatu keadaan, sekaligus sebagai dasar objektif dalam proses pembuatan keputusan/kebijakan. Data yang diteliti adalah besarnya Return Of Assets, Net Profit Margin, dan Earning Per Share sebagai variabel independen (X) dan harga saham sebagai variabel dependen (Y)

1.6.3. Metode Pengumpulan Data / Variabel
Pengumpulan data harus dilakukan dengan beberapa metode guna memperoleh informasi yang objektif. Metode yang digunakan penulis untuk memperoleh data yang mendukung dalam penyusunan penulisan ilmiah ini adalah sebagai berikut:
 Penelitian Kepustakaan (Library Research)
Pengumpulan data dilakukan dengan membaca beberapa literatur dan materi yang didapat penulis selama mengikuti perkuliahan yang berkaitan dengan penelitian ini.

1.6.4. Hipotesis
Pengujian hipotesis digunakan untuk mengetahui apakah ada hubungan ROA, NPM dan EPS terhadap harga saham. Maka pengujian hipotesisnya adalah apabila hipotesis nol (Ho) ditolak maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, begitu pula sebaliknya. Penulis merumuskan hipotesis berdasarkan masalah penelitian tersebut adalah sebagai berikut :

Ho : Tidak ada hubungan yang signifikan antara ROA, NPM, EPS terhadap harga saham
Ha : Terdapat hubungan yang signifikan antara ROA, NPM, EPS terhadap harga saham

1.6.5. Alat Analisis
Dalam meneliti, penulis menggunakan analisis kuantitatif dan analisis deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk tabel yang merupakan hasil dari perhitungan rasio.
 Analisis Deskriptif
1. Uji Normalitas
2. Uji Asumsi Klasik
a) Uji Autokorelasi
b) Uji Multikolinieritas
c) Uji Heteroskedastisitas
3. Analisis Regresi Linier Berganda
4. Uji simultan dengan f test
5. Uji parsial dengan t test

 Analisis Kuantitatif
• Return Of Assets (ROA)

• Net Profit Margin (NPM)

• Earnings Per Share (EPS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar